Tips Sehat yang dapat Dicoba, Mudah dan Menyenangkan

  • Whatsapp
Tips Sehat yang dapat Dicoba, Mudah dan Menyenangkan

Tubuh sehat adalah dambaan setiap manusia. Terhindar dari segala penyakit, tidak berisiko terserang penyakit, dan berat badan tampak ideal. Tapi untuk menjadi orang yang sehat tidak semudah membalikan telapak tangan. Anda harus menanamkan niat di dalam diri terlebih dahulu.

Niat adalah kunci pertama yang harus Anda miliki sebelum menerapkan tips yang akan kami bagikan. Karena segala aktifitas gaya hisup sebat Anda yang menjalankan, jika niat sudah bulat maka Anda layak untuk meneruskan Tips Sehat yang dapat Dicoba berikut ini:

Menjaga berat badan

Menstabilkan berat badan bisa Anda mulai dengan merencanakan fase transisi setelah Anda mencapai berat badan tujuan. Selama waktu ini, lakukan penyesuaian perlahan pada gaya hidup dan perhatikan angka timbangan. Fase transisi ini juga saat yang tepat untuk mengidentifikasi kebiasaan makan dan pola olahraga yang tepat. Jika Anda mengubah kebiasaan diet sehat menjadi gaya hidup sehat, berat badan Anda kemungkinan besar tidak akan mudah naik dan turun. Pilih makanan yang banyak nutrisi dan rendah kalori. Carilah informasi tentang kandungan makanan yang hendak Anda konsumsi lewat berbagai sumber riset dan buku terpercaya.

Manfaat menjaga berat badan adalah untuk mengurangi risiko penyakit berbahaya seperti jantung, obesitas, dan diabetes. Sementara orang dewasa yang memiliki berat badan dibawah rata-rata akan mudah terserang anemia, gangguan pencernaan, pengeroposan tulang, serta gangguan menstruasi, mudah depresi dan rentan terhadap penyakit.

Terapkan diet seimbang

Konteks diet bukan berarti harus mengurangi berat badan dan lingkar pinggang. Diet seimbang merupakan pola makan bergizi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Agar nutrisi tubuh terpenuhi, Anda harus mengonsumsi makanan yang berasal dari buah-buahan, kacang segar, biji-bijian, kacang, dan protein tanpa lemak. Anda juga harus mengimbangi kalori yang dikonsumsi agar makanan tidak berlebihan masuk ke dalam tubuh. INtinya Anda harus paham berapa banyak kalori yang telah masuk ke dalam tubuh dan energi yang Anda keluarkan. Bagaimanapun tubuh memerlukan kalori sebagai bekal untuk berjalan, berpikir, bernapas, dan melakukan aktifitas lainnya.

Rata-rata orang membutuhkan sekitar 2.000 kalori setiap hari agar berat badan tetap stabi, tapi tergantung berat badan dan beban aktifitas harian orang itu sendiri. Pria cenderung membutuhkan lebih banyak kalori daripada wanita, dan orang yang berolahraga membutuhkan lebih banyak kalori daripada orang yang jarang berolahraga.

Diet seimbang tidak melulu harus memakan salad atau sayuran mentah. Anda bisa mengonsumsinya sehari-hari dengan membuat makanan sendiri dirumah. Misalnya dengan membuat pizza buatan sendiri yang berbahan dasar wholemeal dan menambahkan buncis atau kacang sebagai toppingnya. Jika terbiasa mengonsumsi ayam goreng, mulai sekarang gantilah ayam panggang yang Anda buat sendiri dirumah. Konsumsi aayur yang sehat bisa Anda mulai dari mengonsumsi lalapan atau tumis sayur ranpa olahan daging (seperti sosis atau bakso).

Diet seimbang sangat penting bagi kesehatan tubuh karena pasokan nutrisi di dalam tubuh dapat bekerja secara efektif. Nutrisi yang tidak seimbang mengakibatkan tubuh rentan sakit, mudah infeksi, mudah lelah, dan membuat Anda tidak produktif.

Olahraga

Rutin berolahraga membantu tubuh lebih bersemangat menghadapi aktivitas sehari-hari, meringkankan pikiran yang depresi, dan meningkatkan kesehatan mental. Jika Anda lupa rasanya bangun pagi dan berolahraga, kini saatnya bergerak sebelum matahri terik. Mulailah dengan pemanasan ringan dan berjalan kaki sekitar rumah selama setengah jam. Jika rutinitas ini sudah berjalan selama 3 minggu, waktunya meningkatkan level pergerakan tubuh yang lebih berat misalnya bergabung ke pusat kebugaran atau mengikuti klub bela diri.

Anda haru mengingat bahwa lebih baik berolahraga daripada tidak bergerak sama sekali. Kurangi waktu berdiam diri di atas kursi dan banyaklah bergerak. Tubuh manusia dewasa (diatas 21 tahun) membutuhkan minimal 2,5 jam per minggu untuk berolahraga. Anda bisa mengaturnya sesuai jadwal kegiatan.

Related posts