Tak bisa dipungkiri saat menjalani kehidupan sehari-hari, rasa aman memang menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan. Hal tersebut juga berlaku pada pinjaman uang. Berbicara mengenai keuangan memang sangat sensitif dan bila terjadi salah paham akan menimbulkan masalah yang bisa berakibat fatal. Bagi anda yang berencana ingin mengajukan kredit pintar pinjaman uang tunai maka pastikan memilih lembaga yang terpercaya, resmi dan aman. Sebab bisa menghindarkan anda dari tindak penipuan yang sangat merugikan.

Beberapa tahun terakhir, pinjaman online memang sangat trend di kalangan masyarakat. Sebab pengajuan pinjaman ini bisa dilakukan cukup melalui internet saja dan persyaratannya juga tidak rumit. Namun berkaitan dengan online tentu tingkat risiko dan kemanannya juga lebih tinggi., Terlebih banyak penipuan yang marak bermunculan di internet dan mengatasnamakan pinjaman online. Untuk itulah sebaiknya pahami apakah kredit pintar pinjaman uang tunai yang anda pilih sudah benar-benar aman atau belum dengan memperhatikan pembahasan dalam artikel ini.

Aturan Pinjaman Uang

Untuk memastikan apakah kredit pinjaman uang yang anda pilih tersebut benar-benar aman maka salah satunya bisa dicek melalui aturan pinjaman yang diberlakukan. Agar masyarakat bisa terhindar dari pinjaman online yang merugikan maka pemerinta memiliki Bank Indonesia yang berperan mengontrol lembaga peminjaman. Selain itu ada pula Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bertugas untuk mengawasi lembaga pinjaman online.

Melalui hal tersebut maka masyarakat ini dapat merasa lebih aman ketika mengajukan pinjaman online di lembaga resmi. Terlebih saat ini ada situs-situs online yang mengaku membarikan pinjaman dana secara online tapi ternyata hanya penipuan belaka. Tak jarang mereka menerapkan bunga sangat sangat tinggi meskipun awalnya menawarkan bunga ringan. Berbeda dengan lembaga yang sudah diawasi oleh OJK maka sistem bunga, denda hingga penagihan pinjaman dilakukan sesuai peraturan yang berlaku.

Membedakan Lembaga Resmi dan Non-Resmi

Untuk memastikan layanan kredit pintar pinjam uang tunai yang anda pilih sudah aman atau belum maka anda perlu memastikan lembaga tersebut resmi atau non resmi. Agar lebih mudah memastikan lembaga tersebut resmi maka ada beberapa hal yang bisa anda cek di situsnya antara lain sebagi berikut.

  1. Alamat Kantor

Pastikan di situs pinjaman uang tersebut memiliki menu kontak yang mencantumkan tidak hanya nomor telepon saja tetapi juga alamat kantor yan jelas. Biasanya lembaga resmi akan memiliki kantor fisik sehingga memudahkan peminjam uang bisa membutuhkan layanan bantuan secara langsung.

  1. Situs Aman

Silakan cek kotak panjang yang ada dibagian atas layar PC anda. Bila situs pinjaman uang tersebut memakai “https” maka situs tersebut resmi dan aman. Namun bila memakai “http” maka anda perlu waspada. Sebab huruf “s” pada alamat situs tersebut menunjukkan bahwa data dalam situs tersebut sudah melalui proses enkripsi.

  1. Terdapat Gambar Gembok

Selain pada poin di atas, situs yang aman akan memiliki gambar gembok pada alamat situsnya. Dimana logo gembok tersebut menunjukkan bahwa situs tersebut aman.

  1. Melihat Cara Kerjanya

Sebuah lembaga peminjaman dana yang resmi maka akan memberlakukan informasi yang terbuka serta taat aturan. Biasanya situs tersebut mencantumkan nilai suku bunga, penentuan tenor hingga besarnya cicilan secara jelas. Lebih baik bandingkan beberapa situs pinjaman uang online terlebih dahulu untuk memperoleh bunga yang wajar dan tidak terlalu tinggi. Cek juga aturan pengajuan hingga pencairan dana pinjaman tersebut .

Itulah tadi penjelasan mengenai sudah amankan kredit pintar pinjaman uang tunai yang anda pilih selama ini. Melalui informasi di atas tentu anda bisa lebih mudah memilih kredit yang benar-benar aman terutama bila memilih secara online. Sebagai solusinya anda bisa mengajukan pinjaman melalui Tunaiku yang terbukti aman dan terpercaya. Download aplikasinya disini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tunaikumobile.app.