Beras sudah menjadi kebutuhan pokok untuk sebagian besar masyarakat Indonesia. Karena masyarakat Indonesia menggunakan nasi sebagai makanan pokok mereka. Maka sering kita mendengar sebuah istilah, masyarakat Indonesia akan selalu merasa lapar bila belum memakan nasi. Oleh sebab itu beras menjadi faktor penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari masyarakat Indonesia. Sampai pada akhirnya pemerintah memantau naik turunnya harga beras. Dengan adanya beragam jenis beras yang beredar di pasaran, tak jarang kita merasa bingung untuk memilih jenis beras yang bagus untuk di konsumsi. Karena kualitas sebuah beras akan menentukan enak tidaknya sebuah nasi. Apalagi saat ini banyak sekali beredar beras yang tidak layak konsumsi. Hal tersebut mengakibatkan kita haruslah berhati-hati untuk memilih beras yang akan kita beli. Berikut saya akan bagikan sebuah informasi mengenai cara memilih beras yang layak di konsumsi.

Perhatikan Tampilan Beras

Pada saat memilih beras hal pertama yang penting di perhatikan adalah tampilan beras yang akan kita pilih. Pastikan beras yang akan anda pilih memiliki warna yang putih ke kuningan dan juga tidak memiliki kutu beras. Hindari beras yang memiliki warna sangat mencolok, karena biasanya beras yang memiliki warna yang mencolok mengandung pemutih. Bila beras sudah mengandung pemutih maka sangat tidak layak di konsumsi karena sudah mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh kita.

Cium Aroma Beras

Beras yang layak di konsumsi tidak memiliki bau yang apek. Maka hindari beras yang berbau apek. Karena bila anda membeli beras yang berbau apak akan menghasilkan nasi yang kurang enak pas anda konsumsi. Tentunya hal tersebut sangatlah merugikan kita.

Cek Tekstur Beras

Pengecekan tekstur beras sangatlah penting di lakukan untuk mendapatkan beras yang layak di konsumsi. Cara mengecek tekstur beras sangatlah mudah, kita tingal melihat beras dan cari beras yang tidak mudah patah. Atau kita bisa mengujinya dengan cara menggigit beras tersebut, bila beras yang anda gigit mudah patah. Maka sudah bisa di pastikan beras tersebut tidak layak di konsumsi.

Hindari Beras yang Menggunakan Bahan Pelicin

Akhir-akhir ini banyak sekali pedagang nakal dengan menjual beras menggunakan bahan pelicin. Padahal sangat tidak di anjurkan karena mengandung unsur yang berbahaya bila di konsumsi secara jangka panjang. Menghindari hal tersebut kita bisa menguji beras yang akan kita beli. Dengan cara meremas beras tersebut, beras yang memiliki kualitas yang bagus bila di remas dan kita lepas akan banyak yang menempel di tangan kita. Begitu pun sebaliknya bila beras yang kita remas sedikit yang menempel maka beras tersebut mengandung bahan pelicin.

Usahakan Membeli Beras yang Bermerek

Beras yang bermerek tentunya sudah sangat teruji akan kualitas yang dimilikinya. Karena beras yang bermerek tentunya di olah dengan menggunakan teknologi yang modern yang membuat beras tersebut memiliki kualitas yang sangat baik. Selain itu beras yang bermerek sudah pasti memilki sertifikat kelayakan untuk kita konsumsi. Jadi kita tidak usah khawatir akan kualitas yang di miliki oleh beras yang bermerek.

Harga Beras

Sebuah harga beras sangatlah menentukan akan kualitas dari beras itu sendir, beras yang memiliki harga yang mahal. Tentunya memiliki kualitas yang sangat baik dan sangat layak untuk di konsumsi. Oleh sebab itu jangan terpengaruh dengan harga beras yang miring. Karena harga yang miring tidak akan menjamin akan kualitas dari beras itu sendiri.