Macam-macam Fungsi Baju Seragam yang Harus Diketahui

  • Whatsapp
Fungsi Baju Seragam

Pernahkah Anda berpikir apa saja fungsi dibalik seragam? Selain untuk memperlihatkan kekompakan, ternyata ada banyak macam-macam fungsi baju seragam.

Sebelumnya, apa yang Anda pikirkan jika seseorang mengatakan kata “seragam”? Rapi kah? Anak sekolah-kah? Atau para pekerja?

Seragam sendiri memiliki definsi satu atribut ataupun pakaian yang memiliki model, warna, serta bentuk yang sama serta dikenakan oleh sebagian orang di suatu perkumpulan. Jadi para pemakai seragam sebenarnya tidak terbatas hanya anak sekolah maupun para pekerja saja, namun orang-orang di dalam suatu perkumpulan pun bisa mengenakannya.

Seragam umumnya diproduksi oleh konveksi besar seperti konveksi Bandung, dikarenakan jumlah produksi seragam umumnya dalam jumlah yang banyak dalam sekali pemesanan.

Salah satu fungsi yang sangat umum dari suatu seragam adalah sebagai identitas, selain itu kira kira macam-macam fungsi seragam yang harus diketahui apa saja? Berikut ini listnya untuk Anda.

Macam-macam Fungsi Baju Seragam yang Perlu Diketahui

  1. Seragam sebagai identitas

Setiap perusahaan atau perkumpulan jika tidak memiliki seragam maka orang lain akan sedikit lebih sulit menemukan keberadaan mereka sehingga sebuah seragam sangat dibutuhkan sebagai “penanda” kehadiran suatu perusahaan, instansi, atau perkumpulan.

  1. Meningkatkan motivasi kerja

Bagi karyawan, memakai seragam pada hari kerja nyatanya mampu memberikan semangat tersendiri, apalagi jika di dalam seragam tersebut ada slogan dan logo perusahaan maka akan semakin terpacu untuk mewujudkan arti logo maupun slogan tersebut.

  1. Lebih efektif

Sebagai manusia tentu ada saatnya Anda bingung mengenakan baju yang seperti apa. Dengan adanya seragam ini, Anda tidak perlu bingung lagi karena sudah ditentukan harus memakai apa, sehingga Anda jadi lebih menghemat waktu dan tidak saltum alias salah kostum.

  1. Kesan yang diberikan profesional

Coba lihat, seragam PNS, guru, polisi serta tentara tentu punya nilai positif bagi orang yang melihatnya. Hal ini juga bisa membantu pihak perusahaan dalam menunjukkan citra baik dikalangan masyarakat.

  1. Melindungi pemakai

Umumnya pemilihan baju seragam juga disesuaikan dengan lingkungan sekitarnya, sehingga seragam tersebut bisa melindungi si pemakai dari bahaya lingkungan sekitar seperti panas sinar matahari dan lain sebagainya.

Contoh lainnya, umumnya seragam karyawan bagian produksi akan melindungi tubuh si pemakai dari risiko terkena alat alat produksi, sehingga umumnya seragamnya dibuat lebih tertutup.

Nah dari uraian di atas tentu saja Anda sudah mengatahui apa saja macam-macam fungsi baju seragam yang harus diketahui. Dari uraian di atas pula, dapat disimpulkan jika keberadaan dari seragam di suatu perusahaan begitu penting, sebab pakaian dinas ini ternyata memiliki banyak manfaat yang tidak terduga. Demikian sedikit ulasan ini dibuat, semoga bermanfaat untuk Anda.

Related posts