Jasa Press Release: Kiat Membuat Press Release sehingga Tepat Sasaran

  • Whatsapp
Jasa Press Release

Mengapa banyak sekali jasa press release yang laku di pasaran? Ya, salah satunya adalah karena pihak penulisan press release tersebut berhasil menyajikan informasi yang dibutuhkan client dan tepat sesuai dengan sasaran yang diharapkan. Mengapa bisa demikian? Hal ini tentu bukanlah perkara yang mudah karena ada tips tersendiri supaya sebuah press release tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan.

Anda tentu sudah paham apabila press release memiliki berbagai tujuan yang hendak disampaikan, seperti penyampaian produk baru, klarifikasi sesuatu, pencitraan, dan lain sebagainya. Sebab itulah, hal utama yang harus diperhatikan dari format penulisan press release sendiri adalah dengan menerapkan kaidah penulisan 5W+1H.

Kiat-kiat Menulis Press Release sehingga Tepat Sasaran

Supaya dapat memenuhi informasi yang tepat sasaran maka dalam menulis press release harus benar-benar memperhatikan sejumlah hal penting. Berikut beberapa kiat dalam penulisan khususnya di jasa press release sehingga tepat sasaran.

  1. Analisis Sasaran dan Media

Mulanya, Anda harus mengidentifikasi sasaran dan media yang hendak disajikan press release tersebut. Anda harus benar-benar memikirkan dengan matang mengenai siapa saja yang akan menerima press release tersebut dan bedakan antara media yang satu dengan media lainnya.

  1. Isi Press Release

Press release yang baik harus jelas dan menarik. Jelas berarti mudah dipahami informasinya, sedangkan menarik berarti pembahasannya membuat rasa penasaran. Maka dari itu, penting membuat rangkuman terkait permasalahan yang hendak dibicarakan agar bisa dikembangkan secara terstruktur.

  1. Format Press Release

Sebaiknya dalam pembuatan press release dibuat sesuai dengan pola hard news dengan menggunakan skema piramida terbalik. Dengan demikian maka pihak media akan mudah dalam pemotongannya tanpa mengubah esensi informasi yang hendak disampaikan. Alangkah baiknya, jika pihak jasa press release terdiri dari 1 hingga 5 halaman dengan 2 jarak spasi. Judul wajib dibuat semenarik mungkin dengan terdiri dari maksimal 4 kata.

  1. Penyampaian Press Release

Press release dapat dikirim langsung kepada pihak media, tatap muka langsung, atau kombinasi di antara keduanya. Ketika tidak memungkinkan adanya tatap muka secara langsung maka sebaiknya press release sudah dikirim kepada pihak media beberapa hari sebelum tenggat waktu yang diberikan oleh media tersebut.

  1. Hal-Hal yang Harus Dihindari

Sebenarnya, terdapat sejumlah hal yang harus Anda perhatikan dan hindari ketika menulis press release. Pihak jasa press release sendiri juga menghindari sejumlah hal ini. Berikut beberapa hal yang wajib Anda hindari.

  • Jika hendak mengirim press release melalui email atau fax maka sebaiknya sertakan nama media yang hendak dituju dengan benar. Jangan sampai salah dalam pengiriman.
  • Jika pertemuan wartawan dilakukan di luar kantor, Anda harus memilih tempat yang strategis.
  • Jangan membedakan media atau wartawan tergantung tingkat penilaian Anda.
  • Tepat waktu.
  • Hindari perbincangan satu arah.
  • Hindari jawaban No Comment.
  • Jika wartawan menanyakan hal di luar topik maka berikan jawaban yang bijak.
  • Jangan batasi wartawan.
  • Jangan kerjakan temu wartawan secara mendadak.

Dengan mengikuti kaidah penulisan yang baik dan benar ketika membuat press release maka press release Anda akan dengan mudah dipahami oleh publik. Inilah yang menjadi salah satu kunci bahwa press release Anda bisa tepat sesuai dengan sasaran yang telah dibidik dari awal.

Penting bagi Anda belajar dari jasa press release yang sudah banyak menghasilkan press release terbaik sesuai dengan permintaan client. Dengan belajar lebih banyak mengenai gaya dan kaidah penulisannya, Anda juga bisa membuatnya dengan baik.

Related posts