Dalam bahasa Inggris, masalah cegukan ini disebut dengan nama hiccup dikarenakan menutupnya pita suara secara mendadak akibat kontraksi pada diafragma sehingga menghasilkan bunyi “Hik”. Diafragma itu sendiri merupakan membrane otot pemisah rongga pada saluran pernafasan. Masalah cegukan ini bisa dialami siapa saja, mulai dari kalangan bayi hingga orang yang lanjut usia. Lantas, apa yang menjadi penyebab dari timbulnya cegukan? Menurut informasi yang di dapat, ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya seperti makanan pedas, makan terlalu banyak, makan dengan cara cepat, masuk angin, minuman beralkohol, minuman bersoda, perut kembung, hingga kebiasaan merokok.

Masalah cegukan ini terbagi 2, yakni cegukan ringan dan cegukan berat. Pada umumnya, cegukan ringan hanya akan berlansung dalam beberapa menit saja. Lain halnya dengan jenis cegukan berat, yang bisa berlangsung hingga berjam-jam lho! Cegukan berat ini merupakan indikasi bahwa ada gangguan dalam tubuh seperti herpes, penyakit kronis, gangguan otak, infeksi, hingga gangguan system metabolisme. Nah, berbicara soal cara menghilangkan cegukan, berikut di bawah ini ada beberapa tips simplenya yang harus kamu coba :

  1. Bernafas Dengan menggunakan Kantong Plastik dan Kertas

Menurut kabar yang beredar, bernafas menggunakan kantong plastik atau kertas dengan menahan nafas, yakni bertujuan agar kadar karbondioksidanya meningkat. Pada intinya, bernafas dengan menggunakan kantong plastik atau kertas ini untuk menghirup karbondioksida yang dikeluarkan.

  1. Meminum Air Hangat

Selain bernafas menggunakan kantong plastik atau kertas, kamu juga bisa meminum air hangat untuk menghilangkan cegukan. Berdasarkan dari hasil penelitian, air hangat bisa melancarkan peredaran darah dan oksigen yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mengenai caranya, silahkan minum air hangat, kemudian tahan nafas dengan posisi tubuh membungkuk, dan tahan semampumu. Jika sudah demikian, silahkan kembalikan lagi posisi tubuhmu dalam keadaan tegak sambil menahan nafas. Setelah itu, baru masukkan dalam tubuh atau diminum dan bernafas seperti biasa.

  1. Mengatur Pernafasan

Dalam hal ini, cobalah bernafas dengan teratur dan benar agar oksigen serta karbondioksida bisa bergantian masuk ke dalam tubuh dengan kadar yang sesuai. Lalu, bagaimanakah caranya? Mengenai caranya, yakni dengan menarik nafas sedalam-dalamnya, tahan semampumu, kemudian hembuskan.

  1. Menggunakan Es Batu

Tak banyak orang yang tahu, bahwa es batu dapat menghilangkan cegukan. Bahkan, cara penggunaannya pun sangat mudah sekali lho. Silahkan usap es batu tersebut pada area tenggorokan secara perlahan-lahan, sehingga dapat membantu saraf menjadi lebih rileks dan cegukan pun akan hilang.

  1. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Memang sudah sejak dari dulu, minyak kayu putih ini kerap digunakan untuk mengatasi cegukan baik pada anak maupun orang dewasa. Dalam hal ini, kamu hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih ini ke area leher.

  1. Menggunakan Jeruk Nipis

Tips simple berikutnya yang sudah terbukti efektif untuk menghilangkan cegukan, yakni dengan menggunakan jeruk nipis. Kita langsung saja ke cara penggunaannya, siapkan beberapa buah jeruk nipis, peras airnya, kemudian minum sampai habis. Apabila cegukannya masih belum hilang, cobalah untuk meminum perasan jeruk nipis lagi agar cegukannya benar-benar hilang.

Bagaimana, sangat simple sekali bukan? Nah, itulah beberapa tips simple yang sudah terbukti ampuh dalam mengatasi masalah cegukan. Dengan mengikuti tips-tips diatas tadi, tentu saja cegukanmu akan langsung mereda.