Cara Mudah Mencegah Sakit Punggung Selama Work From Home di Tengah Mewabahnya Virus Corona

  • Whatsapp
Virus Corona

Tidak dapat dipungkiri jika seandainya virus Corona ini membawa dampak yang cukup besar pada masyarakat. Selain sektor ekonomi yang anjlok, ternyata juga banyak sekali diantara masyarakat yang harus mengubah cara bekerja mereka, tidak lagi bekerja secara langsung. Melainkan menerapkan sistem kerja work from home seperti halnya kebijakan yang sudah dibuat oleh pemerintah untuk mengurangi angka penyebaran virus tersebut yang memang tidak terkendali.

Bagi sebagai orang bekerja dari rumah ini pastinya menjadi impian mereka, karena bisa lebih santai tidak ada batasan atau disiplinitas waktu yang terlalu menekan. Bahkan bisa berkumpul dengan anggota keluarga yang ada di rumah juga. Namun di satu sisi sebenarnya kondisi semacam ini membuat Anda menjadi kurang aktif seperti biasanya. karena jika biasanya harus jalan di kantor ataupun juga banyak beraktivitas di luarnya. Maka sekarang ini cukup berada di dalam rumah saja, tak jarang membuat bosan.

Hanya duduk menghadap layar komputer juga kerap kali menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Bukannya sehat karena terhindar dari virus Corona, justru terkena dampak dari pekerjaan semacam ini. Misalnya adalah punggung yang sakit karena memang terlalu lama duduk untuk bekerja. Namun jangan khawatir karena ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari masalah punggung sakit ini saat bekerja dari rumah, diantaranya adalah:

  1. Posisi duduk yang benar, paling penting adalah dengan memperhatikan posisi duduk Anda, jangan sembarangan, karena salah posisi sebenarnya hanya akan memperbesar peluang mengalami sakit punggung. Diantaranya adalah Anda harus duduk dengan posisi tulang punggung yang lurus, jangan membungkuk. Siku setidaknya membentuk sudut 90 derajat ketika Anda mengetikkan jari di atas keyboard. Sedangkan dari segi telapak kaki sendiri usahakan menyentuh lantai. Rilekskan bahu Anda sehingga nantinya tidak akan tegang. Jika seandainya merasakan sakit pada bagian punggung maka sebaiknya letakkan gulungan handuk di bagian belakang punggung Anda, agar tidak tegang.
  2. Posisi komputer atau laptop juga harus tepat, tak karang penting adalah dengan memposisikan perangkat teknologi yang Anda gunakan untuk bekerja ini secara tepat. Berilah jarak setidaknya antara 2 hingga 3 inchi di atas ketinggian mata. Sehingga nantinya leer juga tidak akan mudah tegang. Pastikan kerboar tersebut juga ada di bawah siku Anda sehingga lebih mudah untuk mengetik. Upayakan juga sebaiknya Anda tidak sekedar menetap laptop terus, melainkan menyelinginya dengan jalan-jalan kecil atau pemesan, sehingga nantinya mata juga tidak akan gampang lelah.
  3. Istirahat, setidaknya selama 10 hingga 20 menit setelah menatap layar komputer Anda, maka ambillah jeda waktu yang digunakan untuk beristirahat, istirahat setidaknya sekitar 20 detik sampai dengan 1 menit dengan diselingi melakukan aktivitas peregangan. Sehingga nantinya otot-otot Anda juga tidak akan mudah kaku.
  4. Tetap harus berolahraga, untuk membuat tubuh Anda tetap bugar dan juga terhindar dari masalah yang berhubungan dengan tulang belakang, maka salah satu kunci yang bisa Anda terapkan disini adalah dengan berolahraga, lakukan aktivitas olahraga ringan selama berada di dalam rumah, seperti diantaranya adalah pemanasan, yoga juga sangat baik untuk menjaga posisi tulang belakang Anda agar tetap normal.

Itulah beberapa tips agar bisa terhindar dari masalah tulang belakang ketika bekerja dari rumah. Apalagi dalam kondisi wabah virus Corona seperti sekarang ini, temukan solusi kesehatan untuk Anda di Halodoc.

Related posts