Akhir tahun, biasanya identik dengan momen libur panjang Natal dan tahun baru yang termasuk peak season. Di mana pada momen ini, harga akomodasi liburan cenderung jadi melonjak tinggi karena seiring dengan permintaan yang juga tinggi. Nggak heran, kalau sebagian orang mungkin menghindari pergi liburan di akhir tahun supaya nggak kena harga mahal yang akhirnya bikin bangkrut. Apakah kamu termasuk?

Terus, kalau udah kepengen banget liburan dan perlu ngabisin cuti di akhir tahun, gimana dong? Tenang aja! Kalau tabunganmu belum banyak dan belum mencukupi untuk dihabiskan di liburan akhir tahun, ada lima cara jitu yang bisa jadi alternatif terbaik agar liburanmu tetap bisa berjalan. Yuk disimak!

Bergabung dengan tour atau open trip

Nggak bisa dipungkiri, akomodasi seperti tiket pesawat, kereta, kapal, hingga penginapan, adalah hal yang paling besar memakan bujet liburan. Kalau kamu termasuk yang senang solo traveling dan menyusun sendiri itinerari-mu mulai dari berangkat hingga pulang, kemungkinan bujetnya akan lebih besar daripada kamu pergi bersama-sama dengan teman atau ikut paket tur dan open trip.

Untuk beberapa jenis destinasi, pantai atau pulau misalnya, kapal untuk menyeberang biasanya jadi moda transportasi yang wajib masuk anggaran. Kapal, juga ada beberapa jenisnya, ada yang bisa dibeli tiketnya satuan, ada yang harus sewa satu kapal untuk satu kali keberangkatan. Nah, kondisi ini tentu bisa lebih ditekan bujetnya apabila kamu ikutan jasa tur atau open trip.

Nggak hanya sharing budget yang bikin jasa tur atau open trip jadi lebih murah, biasanya, pihak tur atau open trip ini juga sudah bekerja sama dengan pihak maskapai, hotel, hingga objek wisata agar bisa memberikan harga yang kompetitif untuk pelanggannya. Nggak susah kok untuk mencari travel agent terpercaya yang menyediakan jasa tur atau open trip. Kamu bisa mencari di media sosial seperti Instagram, hingga situs-situs travel terpercaya seperti SkyScanner atau TripAdvisor.

Memilih gaya backpacker

Masih seputar akomodasi, bagasi, terutama di pesawat, adalah hal juga bisa menambah bujet liburan semakin bengkak. Apalagi kalau kamu perginya pakai maskapai LCC seperti AirAsia atau Lion Air yang tidak termasuk bagasi check-in. Mau nggak mau, kamu perlu mengeluarkan sejumlah biaya tambahan untuk beli bagasi jika terjadi kelebihan barang bawaan. Belum lagi ditambah oleh-oleh sepulang liburan.

Nah, sebagai solusinya, mungkin kamu bisa coba gaya backpacker di liburan akhir tahun kali ini. Nggak harus bawa tas gunung yang besar itu, kok. Bawa aja ranselmu yang nyaman dan isi dengan barang secukupnya yang kira-kira bisa membantu kamu “bertahan hidup” selama masa liburan. Nggak kalah seru, lho dibanding liburan ala koper!

Manfaatkan promo cicilan untuk akomodasi liburan

Pinjam dana untuk tambahin tabungan supaya bujet liburannya cukup, perlu nggak sih? Daripada pinjam dana tunai, lebih baik kamu manfaatin fasilitas cicilan untuk beli akomodasi liburan atau ikutan tur wisata. Sehingga, lebih tepat sasaran dan banyak pilihan. Dibanding kamu harus pinjam dana, lalu cari-cari lagi harga akomodasi yang sesuai. Sekarang, nggak cuma pengguna kartu kredit perbankan aja yang bisa beli akomodasi liburan dengan cara dicicil. Kamu yang belum punya kartu kredit juga bisa kok.

Caranya adalah dengan menggunakan akses kredit online atau digital dari fintech yang sudah bekerja sama dengan berbagai travel agent, baik online ataupun offline. Salah satunya Kredivo yang sudah bermitra dengan Citilink, Tiket.com, pegipegi.com, Panorama Tours, RedDoorz, Blibli Travel, dan masih banyak lagi. Kredivo menyediakan opsi cicilan akomodasi travel untuk pembelian minimal Rp 1 juta ke atas, dengan opsi tenor 3, 6, hingga 12 bulan, dan suku bunga tetap hanya 2,95% per bulan, tanpa uang muka. Ini berlaku untuk cicilan akomodasi liburan dengan destinasi ke mana pun, baik lokal maupun internasional.

Untuk daftar Kredivo, syaratnya gampang banget. Buat kamu yang sudah berusia minimal 18 tahun, punya penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan, dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi, kamu bisa daftar akun Kredivo sekarang melalui aplikasinya yang dapat didownload di Google Play Store atau App Store. Selain cicilan, fasilitas kredit lain yang bisa kamu nikmati dengan menjadi pengguna Premium Kredivo antara lain: transaksi bayar dalam 30 hari dan pinjaman dana tunai mulai dari Rp500.000 hingga puluhan juta.

Coret oleh-oleh dari dari daftar pengeluaran

Jika bujet liburannya ngepas, maka kamu bisa mencoret oleh-oleh dari daftar pengeluaran selama liburan. Karena bujet beli oleh-oleh juga jadi salah satu yang paling memakan anggaran liburan. Beli untuk si A, si B, rekan di kantor, teman main, keluarga, dan sebagainya. Belum lagi, ini akan membebani kuota bagasimu. Ingat, apabila berat bagasi melebihi kuota, kamu akan dikenakan biaya tambahan oleh maskapai. Kalaupun masih ingin beli oleh-oleh, alternatifnya, kamu bisa beli makanan ringan yang khas dari destinasi wisata yang kamu kunjungi untuk semua teman dan rekan. Biasanya harganya akan lebih murah dan kamu bisa beli dalam jumlah lebih banyak.

Buka jastip apabila memungkinkan

Buat kamu yang berencana liburan ke destinasi favorit seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, atau Jepang, liburanmu bisa berpeluang balik modal kalau kamu buka jastip lho. Banyak brand-brand terkenal yang saat ini terbatas hanya membuka store atau merilis produk di negara-negara tersebut, namun tidak di Indonesia. Kamu bisa mempromosikan kesempatan jastip lewat media sosial. Kalau satu barang dihargai fee jastip sebesar Rp25.000 (belum termasuk ongkir), kebayang kan berapa cuan yang bisa kamu dapat selesai liburan? 🙂