Apa itu Customer Development dan Manfaatnya untuk Bisnis

  • Whatsapp

Ada bisnis StartUp banyak yang mengalami kegagalan karena tidak memahami mengenai target pasar mereka. Padahal dalam dunia bisnis salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan adalah pelanggannya. Salah satu model yang bisa digunakan untuk analisis pelanggan adalah customer development.

Customer development adalah metode guna StartUp bisa mengembangkan pasar mereka. Memahami apa yang sedang dibutuhkan oleh pelanggannya sehingga dikemudian hari bisnis akan berkembang baik. Berikut akan diulas lebih lengkap mengenai apa itu customer development.

Pengertian Customer Development

Menurut metedologi Lean StartUp dari Steve Blank, pada bukunya The Four Steps to the Epiphany menyatakan bahwa customer development merupakan suatu metode yang menggunakan empat langkah guna menemukan dan memvalidasi pelanggan yang ingin dituju.

Keempat langkah tersebut terdiri dari customer discovery, customer validation, customer creation dan company building. Dengan model empat langkah tersebut digunakan untuk dapat memperbesar skala bisnis. Karena memahami target pasar adalah sesuatu yang krusial.

Langkah selanjutnya dari customer development adalah customer discovery. Dimana dilakukan hipotesis yang dilakukan dengan survey langsung ke target pasar. Sedangkan pada customer validation adalah langkah yang digunakan untuk membangun sales road map.

Pada tahap customer creation digunakan untuk mengetahu keinginan pelanggan terhadap produk yang ditawarkan sehingga kedepannya bisa menarik banyak pelanggan tetap. Tahap terakhir adalah company building yang telah fokus untuk membentuk departemen pengembangan pada marketing bisnis.

Menurut Agile Alliance mengatakan bahwa customer development merupakan proses untuk menemukan dan memvalidasi kebutuhan pelanggan. Hasil dari analisis tersebut akan digunakan untuk membuat produk yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dari pelanggan.

Dari pengertian diatas dapat dipahami mengenai apa itu customer development. Metode customer development adalah proses yang berkelanjutan. Perusahaan akan terus melakukan pengujian terhadap produknya. Dengan metode ini akan berguna untuk menemukan, menguji dan memvalidasi asumsi mengenai kebutuhan.

Manfaat Customer Development Bagi Bisnis

Setelah mengetahui pengertian menyatakan bahwa metode ini akan berguna cukup baik untuk pertumbuhan dan perkembangan dari StartUp yang ingin dibentuk. Pasalnya konsumen adalah faktor terpenting pada suatu bisnis. Sehingga perlu dianalisis secara khusus.

Dengan memahami kebutuhan pelanggan, produk yang sedang ditawarkan akan semakin mudah memfokuskan pada target pasar mana yang tepat. Selain itu, customer development menjadi salah satu metode yang bisa menghindari terbuangnya waktu dan uang pada produksi produk yang gagal.

Perusahaan tidak perlu menghabiskan dana pada trial and error, metode customer development adalah salah satu pilihan tepat. Bertanya kepada masyarakat secara langsung mengenai produk tersebut sudah efektif atau belum adalah sesuai yang efektif dan juga lebih terjangkau dari segi harga.

Sehingga perusahaan bisa menciptakan produk yang telah divalidasi dengan fakta dan data yang bisa membantu proses promosi menjadi lebih efektif. Dengan adanya survey langsung kepada pelanggan, maka akan ada penilaian yang diberikan oleh mereka yang bisa digunakan untuk evaluasi produk.

Produk yang sudah dilakukan survey pun dapat dipastikan sudah memenuhi kebutuhan para pelanggannya. Langkah yang dilakukan dengan melakukan suvey sebelum produk dijual bebas bisa memvalidasi bahwa produk telah memenuhi standar dalam masyarakat dan bisa cukup membantu.

Tim bisa melakukan validasi pada setiap asumsi yang diberikan oleh beragam konsumen yang telah di survey. Strategi bisnis pun bisa dibentuk dari jauh hari untuk berkembang di kedepannya. Tak heran customer development adalah proses yang sering dilakukan oleh berbagai perusahaan StartUp.

Related posts