Agar Tidak Salah Beli, Pahami dulu Beberapa Perbedaan Oven dan Microwave ini

  • Whatsapp
Agar Tidak Salah Beli, Pahami Dulu Beberapa Perbedaan Oven dan Microwave ini

Karena bentuknya yang hampir sama, banyak orang yang keliru membedakan oven dan microwave. Bahkan tak sedikit orang yang menganggap bahwa kedua alat itu sama saja, padahal keduanya memiliki banyak perbedaan mulai dari fungsinya, kapasitas hingga hasil akhir masakan. Agar kamu tidak salah beli, sebaiknya tau dulu apa perbedaan oven dan microwave.

Teknologi saat ini memang semakin canggih, baik itu teknologi komunikasi sampai ke teknologi alat memasak. Bahkan sekarang sudah ada yang namanya oven sekaligus microwave. Untuk harga microwave oven ini sudah jelas lebih mahal karena fungsi microwave oven yang lebih dari satu bisa didapatkan hanya dengan satu alat.

Karena kehadiran alat memasak yang semakin beragam itu terkadang banyak orang yang dibuat bingung soal perbedaan oven dan microwave. Yah iya sih jika dilihat sekilas memang terlihat sangat mirip. Nah agar kamu tidak keliru lagi, yuk intip perbedaannya berikut ini.

Ini Dia Perbedaan Oven dan Microwave

Pada dasarnya kedua alat ini memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mempermudah proses masak memasak. Bagi orang yang hobi masak menggunakan alat yang kekinian, mungkin sudah tau perbedaan oven dan microwave. Nah buat kamu yang mungkin masih pemula dan ingin membeli salah satu dari kedua alat ini, harus tau dulu perbedaannya agar kamu tidak salah beli.

  1. Cara Kerja

Pada dasarnya microwave menggunakan radiasi gelombang mikro yang kemudian diserap oleh molekul air dan zat-zat yang ada di dalam makanan sehingga dapat memanaskan makanan. Sedangkan oven adalah alat yang memberi sumber panas di bagian luar makanan lalu masuk ke bagian dalam makanan. Dengan begitu oven dapat memasak makanan hingga menjadi kering, terpanggang dalam waktu yang singkat. Sudah jelas kan perbedaannya?

  1. Waktu Pematangan

Pada umumnya oven membutuhkan waktu yang lebih untuk bisa menyebarkan panas ke seluruh ruangannya. Lama tidaknya waktu yang terpakai untuk proses pematangan tergantung dari jenis oven itu sendiri, misalnya oven listrik yang waktu pemanasannya sedikit lebih lama dibandingkan oven gas. Sedangkan microwave hanya memerlukan sedikit waktu untuk memanaskan makanan. Hanya dalam hitungan menit saja makanan di dalamnya sudah panas.

  1. Jenis dan Ragamnya

Untuk jenis oven memang lebih banyak dibandingkan microwave seperti oven kompor, oven listrik, oven gas, oven konvensional atau yang menyatu dengan kompor, dan oven dengan kipas untuk meratakan panas. Karena jenisnya yang beragam, sebaiknya kamu cari dulu rekomendasi terbaik oven apa yang cocok untuk kamu pakai dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Sedangkan semua jenis microwave bersumber pada listrik. Umumnya microwave hanya berfungsi untuk memanaskan makanan saja. Tapi sekarang sudah ada grill microwave yang juga bisa memanggang makanan, dan convection microwave yang dapat meratakan suhu.

  1. Ukuran

Karena fungsi oven yang beragam maka ukurannnya pun beragam. Mulai dari ukuran kecil untuk membuat kue, sampai ukuran besar yang bisa digunakan untuk memanggang makanan berukuran besar seperti pizza, ayam panggang dan lainnya. Sedangkan microwave pada umumnya tidak lebih dari 30 liter, karena memang didesain hanya untuk memanaskan makanan saja.

  1. Perbandingan Harga

Mengenai harga, oven memiliki harga yang berbeda-beda untuk setiap jenisnya. Misalnya saja oven gas yang lebih murah dibandingkan oven listrik. Sementara microwave tidak jauh berbeda dengan oven listrik, tapi tetap saja microwave dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

Setelah melihat perbedaan oven dan microwave di atas, jangan sampai pilih lagi ya moms. Mau pilih oven atau microwave ya terserah kamu, yang penting sesuai dengan kebutuhan serta jangan lupa untuk melihat review dan rekomendasi terbaik oven atau microwave sebelum membelinya ya. Happy cooking!

Related posts